Senin, 09 Februari 2009

ADA APA DENGAN USIA DINI ?

ADA APA DENGAN USIA DINI ?

Dalam Undang - Undang RI Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 26 : Ayat (3): Pendidikan Non Formal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, ………… Ayat (4): Satuan Pendidikan Non formal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM), dan majlis taklim serta satuan pendidikan yang sejenis.
Anggapan bahwa pendidikan bisa dimulai setelah usia SD (7 th) ternyata tidak benar. Bahkan, pendidikan yang dimulai pada usia TK (4-6 th) pun sebenarnya sudah terlambat. Karena berdasarkan hasil penelitian dibidang neurology, pada usia 4 tahun pertama (0-4 th) separuh kapasitas kecerdasan manusia sudah terbentuk. Perkembangan otak manusia 50 % dicapai hingga usia 4 tahun, 80 % hingga usia 8 tahun, dan 100 % hingga usia 18 tahun.
Tenaga pendidik di Play Group Al Masithoh, adalah tenaga yang berpendidikan sarjana, telah bersertifikasi baik tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi.
Program edukasi dikemas dengan menggunakan metode BBCT (Beyond Centers and Circle Times) dimana kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai “subyek belajar”, dengan 5 sentra belajar yaitu sentra alam (sains), sentra balok, sentra keaksaraan, sentra olah tubuh (musik) dan sentra Imtaq.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar